Sekilas Info ... !!!

Universitas Terbuka Pokjar "MITRA CARAKA" Kabupaten Ponorogo
«« Pendaftaran Mahasiswa Baru dibuka mulai tgl. 01 Mei 2020 s.d. 15 Agustus 2020 »»

Workshop PPSB UPBJJ-UT Surabaya

Tingkatkan Soliditas Kemitraan, UPBJJ-UT Surabaya Gelar Workshop Pengurus Pokjar


Upaya membangun jalinan kemitraan yang solid kembali digelar oleh UPBJJ-UT Surabaya dengan kemasan bertitel “Workshop Pengurus Pokjar UPBJJ-UT Surabaya”. Kegiatan ini mengawali rangkaian kegiatan Pengurus Pokjar yanglainnya, yang akan dilaksanakan pada setiap semester. Workshop Pengurus Pokjar kali ini juga merupakan langkah awal membangun komitmen Pengurus Pokjar Skema Baru (PPSB) yang terbentuk pada masa registrasi 2017.1. Kegiatan workshop atau rapat koordinasi pengurus pokjar direncanakan menjadi agenda tahunan yang akan diselenggarakan oleh UPBJJ-UT Surabaya.




Bertempat di ruang Airlangga Hotel Inna Simpang, agenda Workshop Pengurus Pokjar dilaksanakan selama dua hari tanggal 20—21 Mei 2017. Acara dibuka secara resmi oleh Kepala UPBJJ-UT Surabaya, Teguh Prakoso, S,Pd., M.Hum pada pukul 15.00 dilanjutkan dengan sajian materi tentang informasi baru terkait dengan PPSB. Dalam kata sambutannya, Kepala UPBJJ-UT Surabaya menyampaikan tentang kesungguhan UT dalam upaya peningkatan layanan kepada mahasiswa melalui pengembangan pola PPSB dengan segala hak dan kewajiban yang melekat padanya. Sebagaimana pula yang disampaikan oleh Bapak Teguh Prakoso dalam presentasinya, bahwa Pengurus Pokjar memiliki kewajiban diantaranya membantu UT dalam memberikan layanan bantuan belajar kepada mahasiswa, membangun komunikasi, interaksi, dan kerjasama baik dengan UPBJJ-UT, serta membangun citra positif UT di kalangan masyarakat. Disampaikan pula hak-hak Pengurus Pokjar antara lain tentang jasa layanan, biaya perjalanan, hak mengikuti raker, hak menggunakan atribut pengurus pokjar dan sebagainya.

Setelah jeda untuk istirahat, solat maghrib, dan makan malam, acara workshop dilanjutkan dengan sesi sajian materi tentang agenda kegiatan pengurus pokjar oleh Dr. Moh. Imam Farisi, M.Pd. Pada sesi terakhir hari pertama, disampaikan materi tentang informasi layanan baru program Pendas yakni layanan SIPAS Non-TTM oleh Dra. Barokah Widuroyekti, M.Pd.

Pada sesi terakhir acara hari pertama, pembawa acara Drs. Dwi Sambada, M.Pd membuka kesempatan peserta workshop untuk menyampaikan pertanyaan, kontribusi pemikiran, serta berbagi pengalaman terkait permasalahan pengelolaan Pokjar di wilayah masing-masing. Berbagai persoalan di lapangan dan pertanyaan yang disampaikan oleh peserta workshop dapat dijelaskan dan diberikan solusi pemecahan oleh pimpinan UPBJJ-UT Surabaya. 

Pada hari kedua, peserta workshop melakukan kerja mandiri menyusun agenda kegiatan Pokjar selama satu semester. Melalui kegiatan ini, peserta workshop membuat perencanaan kegiatan pengurus pokjar yang akan dilaksanakan selama satu semester sekaligus menentukan waktu pelaksanaannya serta penyusunan laporan kegiatannya. Kegiatan ini dirancang untuk mengajak peserta workshop menata seluruh kegiatan pengelolaan kelompok belajar ke dalam perencanaan secara sistematis sehingga pelaksanaan seluruh kegiatan Pengurus Pokjar sesuai dengan prosedur pada seluruh proses yang ada di UT. Dengan demikian, diharapkan kegiatan Workshop Pengurus Pokjar ini dapat menjadi wahana penyiapan sekaligus penyamaan persepsi antar pengurus Pokjar dan UPBJJ-UT Surabaya dalam memberikan layanan yang terstandar kepada mahasiswa UT. 


Acara Workshop Pengurus Pokjar ditutup di hari kedua setelah sesi penyerahan berkas penendatangan MoU serta perangkat PPSB kepada Pengurus Pokjar. Penutupan secara resmi dilakukan oleh Kepala UPBJJ-UT pada pukul 11.00. Acara diakhiri dengan sesi foto bersama, teriring harapan semoga Workshop Pengurus Pokjar ini membawa manfaat dalam peningkatan kualitas layanan kepada mahasiswa.

Kontributor: Barokah W.